Hello,This is me!

Riz Altaf

Not everyone will understand ur journey It's Okay! You're here to live ur life Not to make everyone understand

Minggu, 05 Februari 2017

5 Hari 4 Malam menjadi Solo Business Traveler di Lombok



Pernah dengar Business Traveller? Selalu baper saat diminta untuk mengisi form survey Hotel,karena di checklistnya diisi dengan Business, bukan Holiday... Namun, di sisi lain, banyak lo... keuntungan menjadi Business Traveller. Kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku saat menjadi Business Traveler di Lombok versi hemat :)

***

Ini pertama kalinya aku bepergian jauh menggunakan motor dengan alasan kerja. Bukannya sombong, tapi biasanya sih, selalu dimanja dengan "Yang terbang" dan "Berargo". Songong ya? wkwkk

Aku lebih memilih naik motor karena ingin merasakan nuansa baru, apalagi ini pertama kalinya aku ke lombok, jadi ingin sambil menghafal jalan ni, ceritanya...

***

Di dalam Kapal Padang Bay - Lembar
Berangkat pagi dari Denpasar, kala itu hujan sehingga aku baru bisa naik kapal sekitar jam 9 pagi. Bukan karena kapalnya yang nunggu hujan, melainkan aku yang lama berhenti di pinggir jalan.

Tiket Penyebrangan Motor dari Padang Bay ke Lembar: Rp. 112.000
Lama penyebrangan saat itu sekitar kuang lebih 3 Jam (padahal rata-rata 5 jam), dan Alhamdulillahnya... aku dapat kapal yang besar... bersih dan fasilitasnya OK banget! Ada ruangan ber-AC dengan tempat duduknya yang ala-ala mobil travel. Fasilitas Televisi, jadi tidak jenuh walaupun akhirnya aku nyenyak tertidur... wkwk
Ada juga tempat charge hp gratis. Tidak ada asongan, pokoknya fasilitasnya enak banget... jadi betah aku di tengah laut... biasanya paling ogah,...

***

Hari Ke-1

Nutana Hotel, KFC Mataram, Masjid Islamic Center, LEM, My Kopi-O

Nutana Hotel

Perjalanan dari Lembar menuju Mataram Alhamdulillah lancar tanpa hambatan. Hanya memakan waktu kurang-lebih 40 Menit dengan bantuan Google Map. Jadi, pasang headshet terus ikutin dah ceramahan dari Mbak Google.

Point pertamaku adalah LEM / Lombok Epicentrum Mall. Selain hotelku dekat dengan Mall tersebut, menurutku Mall ini bisa aku jadikan acuan pusat kota mataram.

Hari pertama aku menginap di Nutana Hotel di Jl. Sriwijaya. Hotel ini tempatnya cukup strategis menurutku, karena dekat dengan KFC tinggal jalan kaki. Dan ke Kantorku juga tidak terlalu jauh, tinggal lurus saja ke arah bandara lama selaparang. Okay, kembali membahas Hotel Nutana, kamarnya bersih dan pelayanannya cukup ramah. Disamping itu juga ada Securitynya di depan pintu masuk, jadi keamanan kendaraan juga terjaga.

Sampai Hotel, mandi dan makan siang lalu langsung berangkat ke kantor untuk menyelesaikan masalah pertama. Di perjalanan menuju kantor, aku mampir (untuk beribadah, pastinya) ke salah satu Masjid yang membuatku jatuh cinta pandangan pertama. Yap, Masjid Islamic Center Mataram. Masjid besar dengan dominan warna kuning emas ini membuatku terkagum-kagum dengan Desain Arsitekturnya.

Masjid Islamic Center Mataram

Pulang kerja, aku sempat mampir ke Lombok Epicentrum Mall. Ngopi di My Kopi-O. Rizaltaf gak pernah bisa jauh-jauh dengan yang namanya Coffee

Everything Gets better with Coffee


Hari Ke-2

Amaia Hotel, LEM, BreadTalk, Burger King, JCO

Amaia Hotel
Aku sengaja pindah-pindah Hotel, karena selain ingin merasakan nuansa baru, juga bisa menambah pengalaman menginap di Hotel yang ada di Kota Mataram. Sambil Review-review #Ups

Hotel yang aku booking kali ini bisa aku bilang cukup masuk-masuk ke jalan kecil. Namun tidak jauh dari Jalan Raya. Berada di dekat Matarm Mall, Amaia Hotel termasuk hotel yang bisa memberiku ketenangan setelah seharian menahan emosi di kantor (wkwk). Bahkan nilai plusnya aku diperbolehkan checkin pada jam 12 Siang. Dua jam sebelumnya. Mbak receptionistnya juga ramah, sambil mengingatkan, "Di sini tidak diperbolehkan membawa duren ya mas...". "Siap mbak! Yakali, pusing-pusing gini makan duren... wkwk"

Di Luar Hujan,... Lihat sambil garuk2 Jendela
Karena saat itu aku kurang enak badan, langsung drop dengan cuaca yang gak jelas, terus ketemu orang gak jelas juga di kantor #eh  akhirnya otomatis semua makanan yang aku makan rasanya berubah. Rada hambar gimana, gitu... namun itu tidak berlaku dengan sarapan di Hotel ini. Walaupun sedikit ada masalah dengan indra perasa (sedikit mati rasa) makanan di hotel ini berhasil membuatku "Enak Makan". Aku lupa namanya, namun masih ingat rasanya #eh... apa ya? Jadi di Hotel ini saat itu hanya diberikan satu menu sarapan yang disajikan di wadah plastik. Yang aku ingat, di wadah plastiknya ada tulisan "Lebih enak dicampur". Hm... apa nasi Campur ya? Lupa aku. Yang jelas sarapan di hotel ini Not Bad.

Ini Nasi yang aku bilang enak tsb

Nah, sorenya aku kembali ke LEM untuk makan sore di Burger King. Burger favorit aku. Terus nyemil rotinya Bread Talk. Tidak lupa juga mampir ke JCO Donuts. 

Burger king Epicentrum Mall


Hari Ke-3

Fizz Hotel, KFC Lombok Timur

Fizz Hotel

Cuaca Lombok kala itu kurang bersahabat. Selama aku di Lombok, Hujan terus. Tiap hari hujan. Busyet dah...!!! Bahkan Hujannya tersebut tanpa jeda, jadi tidak ada istilah terang... yang ada gerimis. Namun lagi-lagi karena tujuanku ke Lombok adalah menyelesaikan masalah di kantor, maka mau tidak mau aku tetap harus berangkat kerja.

Kali ini ceritanya aku harus bertemu dengan seseorang di Lombok Timur untuk keperluan pekerjaan. Termasuk jauh juga jarak tempuh dari Mataram ke Lombok Timur, lebih tepatnya di Selong. Lagi-lagi aku mengandalkan GPS untuk berangkat ke sana.

Sebelumnya aku mampir ke salah satu tempat print di dekat Universitas Mataram untuk mencetak revisian document yang mau aku submit. Ada pengalaman lucu saat di tempat print tersebut, karena mungkin mbaknya terlalu ramah... jadinya aku lumayan lama di sana padahal hanya nge-print 2 lembar. Mbaknya ngajak ngobrol mulai masalah cuaca, dokumen, hingga ngelantur ke kelakuan anak-anak jaman sekarang yang ngeprint contekan... wkwk ada-ada aja. Makin kreatif aja anak-anak jaman sekarang ya...

Nah, salah satu asyiknya menjadi Solo Traveler itu adalah ketemu dengan orang-orang yang baru kita kenal, mendapatkan pengalaman-pengalaman baru di tempat yang baru kita datangi. Pasti ada saja cerita dari perjalanan kita tersebut.

Kembali ke masalah lombok timur, daerah di lombok timur memang tidak seramai Mataram, namun di sana juga ada KFC Guys.. hehe.. aku sempat mampir ke KFC Pancor untuk makan siang. Melihat di peta, waw aku berada di ujung lombok bagian timur... hehe...

KFC Pancor - Lombok Timur


Iseng-iseng Upload Foto, dalam hitungan detik langsung bikin heboh dunia Sosial Media. Ini padahal di KFCnya, apalagi di Pantainya? Hm... teman-teman di sosmed memang selalu bikin kisruh... haha...

Beruntungnya kali ini aku bertemu dengan orang yang lebih baik diajak menyelesaikan masalah pekerjaan, sehingga tidak butuh waktu lama untuk kembali ke Mataram.

fizz

Cukup kerja aja yg keras, Tidur Jangan...

Hari ke-3 aku menginap di Hotel Fizz. Hotel dengan nuansa tematik. Kamarnya bersih, cantik, pelayanannya juga ramah. Sangat memuaskan. Tidak heran jika aku merekomendasikan kalian untuk menginap di Hotel ini. Selain itu, makanan di sini juga sangat lezat. Aku suka sekali dengan Ayam Dabu-dabunya sampai aku membelinya 2 kali. Menu sarapannya juga beragam. Saat itu aku memilih Nasi Goreng, dan untuk rasanya, lagi-lagi tidak perlu dipertanyakan kembali.

Dabu2 plus Ice Cokelat... Wooo Mantap!



Hari Ke-4

Hart Hotel, Mc Donalds

Hart Hotel

Sebenarnya planku di Lombok hanya 3 malam, namun karena urusan pekerjaan yang belum terselesaikan, mengingat aku ke sini bukan untuk liburan melainkan kerja jadi otomatis mau tidak mau aku harus segera menyelesaikan target pekerjaanku secepat mungkin.

Ada kalanya aku ingin menyerah, namun hati kecil selalu berbisik "Jangan putus asa, coba sekali lagi... dan lagi..". Menyelesaikan target pekerjaan itu tidaklah selalu mudah, ada kalanya otak harus ekstra diperas, emosi tetap ditahan dan doa selalu menyertai setiap langkah.

Dan Alhamdulillah dengan kuasa-nya jalan tersebut berhasil aku lewati. Pekerjaanku sukses mencapai target. Mission Completed. Bahagia rasanya saat itu, namun juga sedih karena harus berpisah dengan Lombok. hehe... But, i think, suatu saat Insya Allah aku akan kembali ke Lombok. Aku harap sih untuk kali ke duanya Liburan. Jadi bisa mengekspos tempat wisata di lombok yang tidak usah diragukan lagi keindahannya. Destinasi impianku juga ada yang di Lombok yang masih di wishlistku yaitu "Gunung Rinjani". Kapan ya ada waktu ke sana?

Menu Sarapan Hart Hotel

Aku mengakhiri perjalananku di lombok dengan menginap di Hart Hotel. Letaknya tidak jauh dari Amaia Hotel. Tempatnya cukup asyik. Kamarnya luas, TVnya besar, Kamar mandinya juga luas. Hanya saja saat itu aku mendapatkan kamar di No.13. Di kamar segede itu, sendiri... serem juga ya ternyata haha...

Tempat makannya cukup asyik digunakan untuk Ngopi sambil utak-atik Laptop. Di sini juga aku bertemu dengan orang surabaya. Ngobrol dengan banyak topik, cukup asyik orangnya. Mulai dari membahas tempat wisata, politik, hingga curhat masalah pribadi... wkwk

MC Cafe Mataram

Sebelumnya, saat siang hari aku juga sempat mampir ke MC Donalds yang ada di perempatan jalan. Sampil menunggu hujan reda, aku juga booking Hotel Hart di sana via Aplikasi salah satu penyedia Booking Online


So? Bagaimana guys? Masih banyak sebenarnya cerita lain di perjalananku saat ke Lombok kemarin. Intinya perjalanan kemarin memberiku banyak pelajaran berharga.

Dari Bagimana caranya kita menyelasaikan masalah dengan ekstra sabar, Bertemu dengan orang-orang baru, Pengalaman baru. Kemana-mana berpatokan dengan GPS, Siangnya Riwuh dengan pekerjaan, malamnya Riwuh dengan booking hotel. Aku memang sengaja booking hotel H-1. Walaupun kenyataannya tidak selalu berjalan mulus sob, sempat juga kejar-kejaran dengan waktu pembayaran. Koneksi internet yang kurang stabil, belum lagi cuaca di luar yang selalu hujan..

Karena Hujan, stok pakaian jadi menipis. Mau tidak mau mencuci pakaian di hotel dan mengeringkannya dengan bantuan setrika. Berangkat ke Lombok naik kapal besar ber-AC, pulang ke Bali naik kapal yang lebih kecil, tidak ber-AC dan berisik :(

Dan Perjalananku saat di Lombok ini memang benar-benar tidak jauh-jauh dari Hotel, Kantor dan Lombok Epicentrum Mall. So? Bagaimana pengalaman menjadi Business Traveler? Hm... lain kali aku ingin mencobanya kembali :)

Menjadi Business Traveler and Solo Traveler? Why Not?



Semua artikel di blog ini hanyalah untuk berbagi. Mohon maaf jika ada salah dalam penulisan kata. Kritik dan saran sangat diterima, silakan meninggalkan komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih

1 comments:

  1. Wah enak bener mas, bisa solo traveling Karena bisnis.. Dari dulu saya kepengen banget kerja sambil jalan2, cuma ya belum ada kesempatan aja.

    BalasHapus